Hari Dharma Karyadhika 2018

Peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2018 bertemakan SINERGI KERJA KAMI PASTI.

Kemerdekaan Indonesia, yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohamad Hatta, menjadi tonggak sejarah diawalinya perjalanan negara dan bangsa Indonesia. Sebagai kelengkapan organ pemerintahan, maka pada tanggal 18 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mengukuhkan Ir. Soekarno sebagai Presiden Republik Indonesia dan Drs. Mohamad Hatta sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Pada tanggal 19 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, dalam sidangnya, menetapkan pembentukan 12 (dua belas) Departemen di Republik Indonesia, termasuk di dalamnya Departemen Kehakiman. Pada waktu itu sekaligus diumumkan pembentukan Kabinet Pertama, dan untuk Departemen Kehakiman Republik Indonesia diangkatlah Prof. DR. MR. SUPOMO sebagai Menteri Kehakiman Republik Indonesia yang pertama. Adapun tugas yang diemban oleh Departemen Kehakiman mencakup hal-hal mengenai Pengadilan, Penjara, Kejaksaan dan Kadaster.

Seiring perjalanan waktu dan dinamika yang terjadi dalam pemerintahan Republik Indonesia, tugas yang diemban oleh Departemen Kehakiman mengalami penyesuaian, demikian juga terkait dengan nomenklaturnya. Perubahan pertama terjadi pada tahun 1999 dengan terbitnya Keputusan Presiden nomor 136 tahun 1999 tentang kedudukan, tugas, fungsi dan organisasi, sehingga berubah menjadi Departemen Hukum dan Perundang-undangan.

Pada tahun 2000 kembali terjadi perubahan nomenklatur menjadi Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia yaitu dengan diterbitkanya Keputusan Presiden nomor 177 tahun 2000 tentang susunan organisasi dan tugas Departemen. Pada saat ini tugas yang dipikul oleh jajaran menjadi semakin heterogen karena tambahan tugas di bidang perlindungan Hak Asasi Manusia.

Pada tahun 2004 melalui Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia nomor M.04/PR.07.10 tahun 2004 tentang organisasi dan tata kerja Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum dan Peradilan Tata Usaha Negara dilepaskan dari Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia dan bergabung di lingkungan Mahkamah Agung. Hal ini dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 1970 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman yang menegaskan bahwa Kekuasaan Kehakiman adalah Kekuasaan yang Merdeka.

Melalui Peraturan Presiden nomor 9 tahun 2005 tentang kedudukan, tugas, fungsi, susunan organisasi dan tata kerja kementerian negara Rl, kembali terjadi perubahan nomenklatur menjadi Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dan pada akhirnya diubah lagi melalui Peraturan Presiden nomor 47 tahun 2009 tentang pembentukan dan organisasi kementerian negara, menjadi Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia. Hari Dharma Karyadhika ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia tanggal 23 September 1985 Nomor M.06- UM.01.06 tahun 1985 tentang penetapan Tanggal 30 Oktober Sebagai hari Kehakiman Republik Indonesia.

Rangkaian kegiatan Peringatan Dharma Karyadhika 2018 diawali dengan Pencanangan Pekan Hari Dharma Karyadhika 2018 dan Gerakan Disiplin ASN Kementerian Hukum dan HAM RI, bertempat di Lapangan Kantor Imigrasi Kotabumi pada tanggal 03 Oktober 2018. Pada acara tersebut juga dilaksanakan peresmian Maskot Hari Dharma Karyadhika 2018. Maskot yang dipilih dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2018 adalah tupai, dengan dasar filosofis sebagai hewan yang cerdas, lincah, tangguh, dan pantang menyerah.

Komitmen Bersama

Gerakan Disiplin Aparatur Sipil Negara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2018

  1. Menjunjung tinggi kode etik dan kode perilaku pegawai Kementerian Hukum dan HAM
  2. Disiplin melaksanakan jam kerja
  3. Disiplin menggunakan sarana kerja secara efektif dan efisien
  4. Disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas dan fungsinya
  5. Disiplin dalam berpakaian

Selain pertandingan olahraga yang diadakan antar UPT Kemenkumham se-Lampung Utara (Lembaga Pemasyarakatan Kotabumi, Rumah Tahanan Kotabumi, Rumah Barang Sitaan Negara Kotabumi, dan Kantor Imigrasi Kotabumi), diadakan juga Bakti Sosial yang diadakan secara bersama dan bertempat di lingkungan Tugu Payan Mas Kotabumi Lampung Utara.

Peringatan Dharma Karyadhika 2018 ditutup dengan Upacara Hari Dharma Karyadhika yang diadakan di Rumah Tahanan Kotabumi, diselenggarakan bersama dengan seluruh UPT Kemenkumham se-Lampung Utara.


Berita Terkait

SelanjutnyaSebelumnya