Hari Dharma Karyadhika 2019

Peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2019 bertema Transformasi Meraih Kinerja Pasti.

Layaknya rusa yang cerdik, lincah, cepat, kuat, tangkas, memiliki ketahanan, kekuatan, kegesitan, kemampuan beradaptasi, dan hidup yang saling menopang, pemilihan maskot tersebut mengamanatkan kepada jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia agar mampu menunjukkan semangat dan minat kerja yang tinggi, sanggup memaksimalkan bakat dan kemampuan dalam menjalankan transformasi Kementerian Hukum dan HAM demi mencapai cita-cita bangsa dan negara. Selain itu ASN KemenKumHAM harus tahan dan gesit dalam menghadapi tantangan dan rintangan yang ada, serta saling memberikan kontribusi untuk organisasi, saling menopang dalam melaksanakan tugas dan fungsi, dan terus berpegang pada nilai PASTI agar KemenKumHAM dapat semakin maju.

Rangkaian kegiatan Peringatan Dharma Karyadhika 2019 diawali dengan Pencanangan Pekan Hari Dharma Karyadhika 2019 melalui media teleconference. Dalam Dharma Karyadhika 2019 ini akan digelar beberapa kegiatan yang dilakukan serentak secara nasional maupun regional seperti, kegiatan olahraga Jalan Santai, Tenis, Golf, dan Sepeda Santai. Kemudian digiatkan juga Bhakti Sosial mencakup Khitanan Masal, Pengobatan Gratis, serta Donor Darah, dan Legal Expo yang mencakup Sosialisasi capaian Kemenkumham serta layanan Publik bagi masyarakat.

Sebagai wujud bakti sosial kepada masyarakat, seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kotabumi bergotong royong membersihkan sarana ibadah pada tanggal 11 Oktober 2019, bertempat di Masjid Syuhada dengan alamat Jl. Cengkeh, Kelapa Tujuh, Kotabumi Selatan, Lampung Utara.

Dalam rangka menjalin silaturahmi antar pegawai, dan membentuk wadah untuk menampilkan bakat dan minat pegawai dalam bidang olahraga, Kepala Kantor Wilayah KemenKumHAM Lampung Nofli menyelenggarakan turnamen futsal Kakanwil Cup 2019, yang dibuka pada Kamis, 24 Oktober 2019. Meski sempat unggul 5-2 atas Kantor Imigrasi Kalianda dan 3-1 atas Rutan Kotabumi, Kantor Imigrasi Kotabumi akhirnya bertekuk lutut 2-0 dalam laga melawan Rutan Kotaagung. Piala bergilir akhirnya diraih juara pertama Lapas Bandar Lampung, yang diserahkan oleh Kakanwil KemenKumHAM Lampung.

Untuk melayani masyarakat yang berhalangan datang pada hari kerja, Kantor Imigrasi Kotabumi mengadakan Layanan Simpatik yang diadakan pada hari Sabtu 26 Oktober 2019 dan Minggu 27 Oktober 2019. Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat, terlihat dengan antusiasme masyarakat yang mendatangi Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kotabumi untuk mengajukan permohonan pembuatan paspor.

Pada hari Minggu, 27 Oktober 2019, Kakanwil KemenKumHAM Lampung juga melepas peserta Jalan Sehat, yang bertempat di area sekitar Kantor Wilayah KemenKumHAM Lampung. Dihadiri seluruh keluarga besar pegawai KemenKumHAM Lampung, acara ini didahului dengan senam pagi bersama. Dalam sambutannya, Kakanwil KemenKumHAM Lampung mengajak berolahraga bersama untuk membentuk tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat.

Seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kotabumi melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kotabumi di Jl. Tjoekoel Soebroto, Kotabumi Selatan, Lampung Utara, pada tanggal 29 Oktober 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghormatan dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah diberikan kepada bumi pertiwi demi bangsa dan negara.

Peringatan Dharma Karyadhika 2019 ditutup dengan Upacara Hari Dharma Karyadhika yang diadakan di Rumah Tahanan Kotabumi, diselenggarakan bersama dengan seluruh UPT Kemenkumham se-Lampung Utara. Bertindak sebagai inspektur upacara, Plt. Bupati Lampung Utara membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM, yang menyampaikan bahwa dalam era disruption, kemunculan fenomena internet of things menjadi keniscayaan. Fenomena ini harus disikapi dengan cepat melalui akselerasi reformasi birokrasi substansial yang tidak hanya prosedural semata. Kecepatan, akurasi dan kecermatan menjadi dasar dalam pelayanan publik dan pengelolaan birokrasi di negeri ini. Keberhasilan transformasi birokrasi digital di Kementerian Hukum dan HAM ini tergantung dari kemampuan adaptasi sumber daya manusianya. Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Hukum dan HAM harus mampu mengelola dan mempergunakan fasilitas kemajuan teknologi informasi dalam bekerja. SDM Kemenkumham tidak boleh lagi gagap teknologi, semua harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Kompetensi SDM sangat mempengaruhi keberhasilan transformasi birokrasi digital. Menteri berharap agar pegawai semakin solid, semakin adaptif, semakin produktif, semakin inovatif dan kompetitif untuk Kementerian Hukum dan HAM yang PASTI Berkelas Dunia.

Dalam upacara tersebut juga dilakukan Deklarasi Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Disaksikan oleh KaPolRes Lampung Utara, DanDim 0412/LU, Ketua Pengadilan Negeri Lampung Utara, dan tamu undangan lain, seluruh pegawai dan pejabat UPT KemenKumHAM se-Lampung Utara menandatangani Deklarasi Komitmen tersebut. Acara kemudian dilanjutkan dengan syukuran dan ramah-tamah.


Berita Terkait

SelanjutnyaSebelumnya