Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2018

  /  kegiatan kantor  hari bela negara

Kantor Imigrasi Kotabumi peringati Hari Bela Negara Tahun 2018 dalam upacara gabungan yang dilaksanakan bersama UPT KeMenKumHAM se-Lampung Utara, bertempat di LaPas Kotabumi. Tema Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2018 adalah Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat.

KaLaPas Kotabumi selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Dalam amanat tersebut dijelaskan peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 19 Desember 1948 silam, yaitu berdirinya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Menteri Kemakmuran RI Mr. Syafrudin Prawiranegara, sebagai reaksi atas Agresi Militer II oleh Belanda yang mengumumkan tidak adanya lagi Negara Indonesia. Pendirian pemerintahan darurat itu sendiri atas mandat dari Presiden Soekarno, setelah Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda.

Bela Negara sejak dulu telah memiliki konteks yang sangat luas. Bela Negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Segenap aparatur negara, baik sipil maupun militer, yang tengah berjuang melakukan tugasnya di pelosok Tanah Air sesungguhnya sedang melakukan Bela Negara.

Bela Negara adalah kerjasama segenap elemen Bangsa dan Negara. Bukan hanya pemerintah, apalagi sekedar nomenklatur program instansi atau satuan kerja tertentu saja. Bela Negara terutama adalah wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat. Dunia usaha, dunia pendidikan, media, hingga tokoh pemuda, tokoh agama, semua bisa dan wajib ikut serta sesuai dengan bidang profesi masing-masing.

Pada peringatan tersebut juga dibacakan Ikrar Bela Negara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Kami, Warga Negara Indonesia, menyadari sepenuhnya bahwa dalam rangka menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa demi kelangsungan hidup negara kesatuan republik indonesia, berjanji untuk selalu bersikap dan berperilaku:

  1. Mencintai tanah air
  2. Memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara
  3. Setia pada Pancasila sebagai ideologi negara
  4. Rela berkorban bagi bangsa dan negara
  5. Memiliki kemampuan awal bela negara

Bangunlah seluruh bangsa Indonesia
Hadapi tantangan dan cobaan
Raihlah cita-cita yang mulia
Indonesia makmur dan sentausa
Walau berbagai suku dan agama
Ragam budaya serta golongan
Satu untuk semua, semua untuk satu
Jayalah Indonesiaku tercinta

Persatuan dan kesatuan
Negara republik indonesia
Undang undang dasar empat lima
Pancasila dasar negara
Seluruh rakyat wajib bela negara
Songsong hari esok
Makmur sejahtera


Berita Terkait

SelanjutnyaSebelumnya