Gelar Mobile Intellectual Property Clinic Tahun 2022, Kakanwil Kumham Lampung Ajak Masyarakat Segera Daftarkan Kekayaan Intelektual di Provinsi Lampung

 

Selasa (19/07), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung mengadakan kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Mobile Intellectual Property Clinic Tahun 2022. Kegiatan yang bertempat di Hotel Emersia, Bandar Lampung ini dihadiri oleh Gubernur Lampung, Arinal Junaedi. Hadir pula Staf Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi Kemenkumham RI, Iwan Kurniawan beserta Kakanwil Kemenkumham Lampung Edi Kurniadi didampingi pimpinan tinggi pratama.

Kegiatan diawali dengan pelaporan kegiatan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr.Alpius Sarumaha menyampaikan kegiatan yang mengambil tema 'Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak untuk Provinsi Lampung' ini dihadiri oleh 100 orang peserta yang terdiri dari unsur pemerintah, instansi Pendidikan, serta pelaku UMKM.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Edi Kurniadi dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Mobile Intellectual Property (IP) Clinic di Provinsi Lampung memfasilitasi beberapa hal, yakni promosi dan diseminasi kekayaan intelektual, layanan konsultasi, pendampingan pendaftaran, layanan penelusuran, pendampingan penyusunan spesifikasi paten (drafting paten) serta layanan pengaduan.

Lebih lanjut, Edi Kurniadi menyampaikan Saat ini, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, sedang melakukan inisiasi pendaftaran potensi Indikasi Geografis Manggis Saburai Tanggamus dan Damar Mata Kucing Kabupaten Pesisir Barat, dengan karakteristik unggulannya diharapkan dapat menjadi Indikasi Geografis baru di Provinsi Lampung, begitu juga dalam hal potensi merek, cipta, desain industri, paten, dan Kekayaan Intelektual Komunal.

'Dengan inisiasi yang telah dilakukan, diharapkan adanya peningkatan pengajuan permohonan Kekayaan Intelektual dan pemahaman terhadap Kekayaan Intelektual di Provinsi Lampung” tegas Edi.

Menutup sambutan, Edi Kurniadi mengharapkan melalui Kegiatan Mobile Intellectual Property (IP) Clinic di Provinsi Lampung dapat membantu masyarakat yang memiliki kendala akan keterjangkauan akses pelayanan kekayaan intelektual dan jarak tempuh yang jauh dan keterbatasan jangkauan internet. Serta meningkatkan Kerjasama antara Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Pemerintah Daerah, UMKM, Perguruan Tinggi Dan Masyarakat. (Humas Kumham Lampung / RZ)

  kegiatan kantor


Berita Terkait

SelanjutnyaSebelumnya