Peresmian UKK Krui

  /  kegiatan kantor  ukk krui

Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas III Non-TPI Kotabumi di Krui (UKK Krui), Pesisir Barat, kini sudah mulai resmi beroperasi. Masyarakat Kabupaten Pesisir Barat dan sekitarnya kini dapat menikmati pelayanan keimigrasian yang lebih terjangkau dari segi lokasi, khususnya dalam hal pembuatan paspor WNI maupun perpanjangan Izin Tinggal WNA.

Pembentukan Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas III Non-TPI Kotabumi di Krui (UKK Krui) berawal dari sebuah aspirasi yang dituangkan dalam permohonan Bupati Pesisir Barat kepada Menteri Hukum dan HAM c.q. Direktur Jenderal Imigrasi melalui surat No. 800/726/09/2017 tanggal 11 Juli 2017. Rangkaian panjang proses persiapan dan studi kelayakan akhirnya berbuah penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang pembentukan Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas III Non-TPI Kotabumi di Kabupaten Pesisir Barat yang dilaksanakan di Direktorat Jenderal Imigrasi di Jakarta dengan nomor surat IMI-UM.01.01-5663 dan 185/3329/V.05/PSB/X/2018.

Satu-persatu kebutuhan kantor yang diperlukan mulai dipenuhi, baik dari kelengkapan gedung, personalia, dan perangkat kesisteman. Uji coba pelayanan keimigrasian kemudian dijalankan, dan dinyatakan berhasil dengan baik. Bupati Pesisir Barat selanjutnya melayangkan surat bernomor 185/1364/V.05/2019 kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung tanggal 17 Juni 2019 tentang Permohonan Peresmian Kantor UKK Krui. Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung kemudian direncanakan untuk meresmikan UKK Krui mewakili Direktur Jenderal Imigrasi yang berhalangan hadir.

Kegiatan peresmian dilaksanakan pada tanggal 06 Agustus 2019, bertempat di gedung kantor UKK Krui, di Jalan Lintas Barat, Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Peresmian dilaksanakan oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung Seprizal, S.H., M.H. dan Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H. Pada acara peresmian dilaksanakan penyerahan secara simbolis paspor yang telah diterbitkan oleh UKK Krui kepada perwakilan tokoh adat, kepolisian, dan tokoh agama setempat. Peresmian juga diikuti pengukuhan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat kecamatan se-kabupaten di Pesisir Barat.

Bupati Pesisir Barat menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan terhadap aktivitas dan program Kabupaten Pesisir Barat, serta mengapresiasi langkah yang ditempuh dalam peningkatan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat, khususnya masyarakat Pesisir Barat. Beliau juga meminta agar petugas UKK Krui dapat memberikan kepastian dalam melayani permohonan keimigrasian, terutama kepastian waktu proses dan persyaratan permohonan. Selain itu beliau juga berharap UKK Krui agar dapat dimanfaatkan sebagai sekretariat TIMPORA Pesisir Barat, mengingat banyaknya aktivitas Warga Negara Asing di Pesisir Barat yang memerlukan pengawasan secara lebih optimal.


Berita Terkait

SelanjutnyaSebelumnya