Penguatan dan Evaluasi TIMPORA Way Kanan 2019

Kantor Imigrasi Kotabumi telah melaksanakan rapat Tim Pengawasan Orang Asing di tingkat kabupaten untuk Kabupaten Way Kanan. Rapat yang digelar di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Way Kanan pada tanggal 28 Agustus 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan terhadap WNA (Warga Negara Asing), khususnya TKA (Tenaga Kerja Asing) yang bekerja tidak sesuai ketentuan (Non-Prosedural).

Dalam acara tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non-TPI Kotabumi, Bachtiar, menyampaikan bahwa pengawasan terhadap Orang Asing membutuhkan koordinasi dan kerjasama antar instansi. Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi, Intelijen, dan Penindakan Keimigrasian, Khresna Aji Pranata, menambahkan bahwa kegiatan Penguatan dan Evaluasi TIMPORA di daerah Way Kanan dianggarkan dari DIPA Kantor Imigrasi Kotabumi. Untuk tahun 2020, direncanakan akan dibentuk TIMPORA tingkat kecamatan di Kabupaten Way Kanan, yang melibatkan antara lain Koramil, Polsek, dan Kantor Kecamatan.

Rapat yang dihadiri oleh beberapa unsur antara lain dari Polres Way Kanan, Kodim 0427, Kejaksaan Negeri, Kantor Wilayah Kementerian Agama, Dinas Tenaga Kerja, serta Dinas Pemuda dan Olah Raga ini diikuti dengan antusias oleh peserta. Para peserta mengharapkan agar lebih diintensifkan lagi komunikasi antar anggota TIMPORA melalui media grup pesan singkat, dalam rangka koordinasi informasi yang lebih efisien. Selain itu perlu juga disampaikan kepada masyarakat, dalam bentuk sosialisasi, mengenai layanan-layanan keimigrasian (termasuk persyaratannya) khususnya Paspor WNI dan Izin Tinggal WNA, serta mengenai pencegahan tenaga kerja non-prosedural dalam rangka menghindari TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang). Poin terakhir ini mengingat adanya modus terbaru TPPO dalam bentuk pengantin pesanan.


Berita Terkait

SelanjutnyaSebelumnya