Penjamin adalah orang atau Korporasi yang bertanggung jawab atas keberadaan dan kegiatan Orang Asing selama berada di Wilayah Indonesia. Penjamin bertanggung jawab atas keberadaan dan kegiatan Orang Asing yang dijamin selama tinggal di Wilayah Indonesia serta berkewajiban melaporkan setiap perubahan status sipil (antara lain kelahiran, perkawinan, perceraian, kematian, dan perubahan lain, misalnya perubahan jenis kelamin), status Keimigrasian, dan perubahan alamat. Penjamin wajib membayar biaya yang timbul untuk memulangkan atau mengeluarkan Orang Asing yang dijaminnya dari Wilayah Indonesia apabila Orang Asing yang bersangkutan:

  • telah habis masa berlaku Izin Tinggalnya; dan/atau
  • dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian berupa Deportasi.

Orang Asing pemegang Izin Tinggal Terbatas atau Izin Tinggal Tetap yang berada di Wilayah Indonesia wajib memiliki Penjamin yang menjamin keberadaannya. Setiap Orang Asing yang berada di Wilayah Indonesia wajib memberikan segala keterangan yang diperlukan mengenai identitas diri dan/atau keluarganya serta melaporkan setiap perubahan status sipil, kewarganegaraan, pekerjaan, Penjamin, atau perubahan alamatnya kepada Kantor Imigrasi setempat.

Perkawinan Campuran (mixed marriage)

Warga Negara Indonesia yang kawin secara sah dengan Orang Asing bertanggung jawab / bertindak sebagai Penjamin (Penanggung Jawab) bagi pasangannya dan/atau anaknya dari hasil perkawinan campuran tersebut.

Izin Tinggal Terbatas atau Izin Tinggal Tetap bagi Orang Asing yang diperoleh karena perkawinan campuran dengan Warga Negara Indonesia, namun suami atau istrinya Warga Negara Indonesia tersebut meninggal dunia, tetap berlaku dan Orang Asing tersebut harus memiliki Penjamin baru Warga Negara Indonesia.

Izin Tinggal Terbatas atau Izin Tinggal Tetap bagi anak berkewarganegaraan asing dari hasil perkawinan campuran, namun ayah dan/atau ibunya Warga Negara Indonesia tersebut meninggal dunia, tetap berlaku dan anak berkewarganegaraan asing tersebut harus memiliki Penjamin baru Warga Negara Indonesia.

Izin Tinggal Tetap bagi Orang Asing yang kawin secara sah dengan Warga Negara Indonesia, dengan perkawinan yang telah berusia 10 (sepuluh) tahun atau lebih, namun putus hubungan perkawinannya tersebut karena perceraian dan/atau atas putusan pengadilan, tidak dibatalkan jika Orang Asing tersebut memperoleh Penjamin baru Warga Negara Indonesia yang menjamin keberadaannya.

Pengakhiran Izin Tinggal

Penjamin atas Orang Asing pemegang Izin Tinggal Terbatas / Izin Tinggal Tetap yang bermaksud meninggalkan Wilayah Indonesia dan tidak ingin masuk kembali, harus melapor untuk mengakhiri Izin Tinggal tersebut ke Kantor Imigrasi yang menerbitkan dengan menyerahkan kartu Izin Tinggal Terbatas / Izin Tinggal Tetapnya.

Penjamin atas Orang Asing pemegang Izin Tinggal Terbatas / Izin Tinggal Tetap yang berada di luar Wilayah Indonesia atau kembali ke negara asalnya dan tidak bermaksud masuk lagi ke Wilayah Indonesia sedangkan Izin Tinggalnya masih berlaku, wajib melapor ke Kantor Imigrasi yang menerbitkan untuk mengakhiri Izin Tinggalnya.

Penjamin yang ingin mengakhiri penjaminannya atas Orang Asing pemegang Izin Tinggal Terbatas / Izin Tinggal Tetap yang masih berada di Wilayah Indonesia dan Izin Tinggal Terbatas / Izin Tinggal Tetapnya masih berlaku, harus melapor ke Kantor Imigrasi yang menerbitkan untuk mengakhiri Izin Tinggal Terbatas / Izin Tinggal Tetap Orang Asing yang bersangkutan, dan wajib mengeluarkan Orang Asing tersebut dari Wilayah Indonesia serta mengembalikan kartu Izin Tinggal Terbatas / Izin Tinggal Tetapnya.